Pada hakekatnya kegiatan Tabligh Akbar merupakan konsep untuk membangun komunikasi dalam rangka silaturrahmi antara sesama sesama umat. Artinya berbagi dan memberi tentang kebaikan dan kebenaran, sehingga tidak heran dalam kegiatan tersebut diisi dengan ceramah-ceramah agama atau tausyah yang dikomandankan oleh Ustaz-Ustaz, Jadi, Tabligh Akbar itu sesungguhnya adalah upaya membangun persatuan umat untuk melakukan komunikasi intelektual, spiritual dan sosial antara sesama, sehingga tujuan agama dan tujuan sosial dapat terwujud dengan baik.

Ustaz Cepot
Ustaz Cepot

Tabligh Akbar bersama Ustaz Cepot yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 dalam memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumedang yang ke 439 ini mengusung tema “Mari Kita Wujudkan Generasi Muda Sumedang yang Kreatif dan Berakhlakul Kharimah” .

Hajat Besar Yayasan Bina Harapan Sumedang ini bertujuan untuk membangun persatuan dan kesatuan melalui Tabligh Akbar. Acara ini bisa menjadi pembuktian adanya sinergitas Ukhuwah Islamiyah yang dibangun di lingkungan Yayasan Bina Harapan Sumedang, terlebih khusus lagi antara Tenaga Kependidikan SD Ar Rafi’ BHS dan SMK BHS dengan masyarakat di luar lingkungan Yayasan Bina Harapan Sumedang.